Dong Mingzhu: Saya Tak Segan Memecat Pegawai yang Mengatakan "4 Kalimat Ini"! 90% Orang Pernah Mengatakannya Tanpa Rasa Bersalah Lho!

Makjlebb!!
Sponsored Ad

Mungkin masih ada banyak orang yang belum mengenal Dong Mingzhu. Wanita yang akrab dipanggil Dong ini adalah CEO Gree Electric, perusahaan manukaftur AC (pendingin ruangan) terbesar di seluruh dunia. Di bawah kepemimpinan Dong, nilai saham Gree Electric meroket hingga 2300%! Tak heran, wanita berumur 63 tahun ini masuk dalam jajaran pebisnis wanita paling berpengaruh versi Forbes.

Sponsored Ad

Dong mempimpin dengan tegas dan keras, ia bahkan tak segan memecat sales yang melontarkan empat kata berikut kepada klien:

1. Ini bukan saya yang urus

Sales yang berkata demikian sebenarnya sedang memberi tahu bahwa klien tersebut salah cari orang, mau cari siapa juga boleh, tapi yang jelas hal itu bukan urusannya, titik. Coba pikir, ketika menghadapi keadaan seperti ini, klien bakal berpikir apa? Jika memang bukan kamu yang urus, kasih tau dong siapa yang urus! Perusahaan yang pegawainya tidak memiliki kesatuan, masing-masing berlaku acuh tak acuh, tak mungkin bisa memberikan pelayanan yang baik. Bagaimana mungkin klien bisa percaya terhadap perusahaan seperti ini?

2. Saya tidak tahu

Ibarat perang, sales adalah prajurit yang maju di barisan terdepan. Sales yang bisa diandalkan adalah sales yang tahu siapa yang bisa ia cari ketika tak tahu harus berbuat apa dalam menghadapi masalah. Jika kamu tak tahu, carilah orang yang tahu dan bisa menyelesaikannya. Ingat, berkata "saya tidak tahu" tidak menyelesaikan masalah sama sakali!

Sponsored Ad

3. Dia sedang tak di tempat

Ada kala dimana sales menerima telepon klien sales lain karena rekannya tersebut tak dapat menerima telepon karena suatu alasan, baik karena sibuk maupun sedang tak ditampat. Klien menelpon karena ada perlu, bukan untuk mendengar jawaban "dia sedang tak ditempat". Sales yang membantu menerima telepon seharusnya berkata,"Ia sedang tak ditempat saat ini. Apakah ada pesan untuknya? Saya bisa bantu sampaikan dan minta dia untuk segera menghubungi anda ketika ia kembali."

4. Yah mau gimana lagi

Saat klien menyampaikan keluhan, hanya satu harapannya, yaitu segera mendapatkan solusi. Jangan coba-coba menjawab "Yah,mau gimana lagi" alias "saya juga gak bisa berbuat apa-apa" karena akan membuat keadaan semakin parah bahkan merusak citra perusahaan. Berusahalah untuk memberikan solusi atau setidaknya menjawab dengan kata-kata yang menenangkan klien, bukannya membuat suasana makin panas!

Sobat Cerpen, mungkin atasanmu tidak sekeras Dong, tapi jika kamu bisa menyikapi empat hal diatas dengan benar, tandanya kamu siap untuk dipercaya untuk mengerjakan sesuatu yang lebih besar lagi! Yang setuju, yuk bagikan artikel ini sebanyak-banyaknya!

 

Sumber: fighter

 

Tulisan yang ditampilkan dalam artikel ini dilindungi oleh undang- undang Hak Cipta. Dilarang menyalahgunakan/menggunakan/mencetak seluruh isi atau sebagian, dan memperbanyak tanpa izin tertulis dari pihak Cerpen.co.id

Sponsored Ad