Bantalmu Menguning dan Bau Apek? Ibu Merendam Bantal Dalam Air Hangat Ditambah "1 Sendok Larutan Ini". Setelah Dicuci, Hasilnya Kayak "Bantal Baru" Lagi!

  • 2017-09-26

Bantal, sama seperti kain lain di rumah, juga perlu dicuci untuk menghilangkan debu, keringat dan tumpukan minyak. Walaupun membeli bantal baru tampak lebih mudah dibanding mencucinya, mencuci bantal lama Anda sebenarnya mudah! Jika bantal Anda sudah berwarna kekuningan atau belum pernah dicuci selama lebih dari 6 bulan, gunakan salah satu metode berikut ini untuk membersihkannya dengan cepat. Hasilnya Anda akan tidur dengan merasa lebih nyaman dan sehat karena mengetahui Anda tidur di atas kain yang bersih.

Sponsored Ad


Membersihkan bantal dari noda

Bantal bila lama tidak dicuci, maka debu, kotoran, keringat, bakteri, bahkan tungau dapat bersarang di bantal kita dan menyebabkan penyakit kulit juga gatal-gatal!


Langkah 1: Lepaskan bantal dari sarung bantal, lalu rendam bantal di dalam air hangat selama 15 menit.

Sponsored Ad

Langkah 2: Setelah itu masukkan bantal ke mesin cuci. Tambahkan sabun cair dan beberapa tetes pelembut pakaian

Langkah 3: Atur mesin cuci pada siklus tersingkat (sekitar 10 menit) dan kecepatan putaran rendah

Langkah 4: Setelah selesai, masukkan bantal ke dalam mesin pengering. Pastikan bantal benar-benar kering agar tidak mengeluarkan bau apek. Setelah kering, pukul-pukul bantal beberapa kali.

Membersihkan sarung bantal

Anda menghabiskan sekitar sepertiga hidup Anda di atas tempat tidur. Jadi, kebersihan peralatan rumah tangga ini seharusnya dijaga dengan baik. Termasuk sarung bantal, karena sarung bantal juga memiliki hubungan dengan kondisi kesehatan kulit wajah oleh sebab itu tidak boleh dibiarkan kotor dalam jangka waktu yang lama.


Langkah 1: Lepaskan sarung bantal, rendam di dalam air hangat dengan campuran cuka putih selama 20 menit

Langkah 2: Masukkan ke mesin cuci dan tambahkan deterjen. Setelah kering, jemur di bawah matahari.

Menghilangkan bau pada bantal

Seringkali kita menemukan bantal rumahku pasti bau apek, walaupun sarung bantalnya rajin diganti tapi tetap saja, baunya tidak akan hilang.


Langkah 1: Tabur baking soda merata di atas bantal, diamkan selama dua jam dan bersihkan dengan vacuum cleaner.


Langkah 2: Boleh juga meneteskan beberapa tetes minyak esensial lavender ke atas bantal. Tidak hanya membantu tidur pulas tapi baunya juga segar dan alami.

 

Bantal dengan bahan yang berbeda, cara mencucinya juga beda lho!

Contour Pillow


Contour pillow terbuat dari bahan memory foam. Sarungnya bisa dicuci seperti biasa. Tapi bantalnya harus dicuci dengan air dingin lalu ditekan-tekan dan keringkan di tempat yang berventilasi. Jangan dijemur di matahari karena dapat mengurangi masa hidup bantal.


Buckwheat Pillow (bantal herbal)


Bantal jenis ini tidak cocok untuk dicuci dengan air, tapi harus dijemur dibawah matahari kurang lebih 1 jam minimal 1-2 kali sebulan.


Tikar


Bahan tikar tidak mudah berdebu, jadi cukup dilap dengan kain basah lalu taruh di tempat yang kering dan sejuk.

 

Bantal yang terbuat dari bulu

Bantal ini bila dicuci dengan mesin cuci akan cepat rusak, sehingga harus dicuci dengan tangan, baru dikeringkan dengan mesin pengering.

 

Hidup manusia 1/3 itu habis di atas ranjang, jadi kalau kebersihan ranjang kita tak dijaga, hati – hati akan diserang oleh kuman penyakit loh!


Sumber: How


Tulisan, gambar dan video yang ditampilkan dalam artikel ini dilindungi oleh undang- undang Hak Cipta. Dilarang menyalahgunakan/menggunakan/mencetak seluruh isi atau sebagian, dan memperbanyak tanpa izin tertulis dari pihak Cerpen.co.id

Kamu Mungkin Suka