​Shock! Bayi Usia 10 Bulan Kena "Batu Ginjal"! Tak Disangka Penyebabnya Adalah "Benda yang Dipakai Oleh Bayi Setiap Hari!!"

Ayah ibu wajib baca!
Sponsored Ad

Di Zhejiang, Tiongkok, ada seorang bayi berusia 10 bulan dilarikan ke rumah sakit akibat panas tinggi yang tidak turun-turun. Ketika diperiksa, dokter menemukan "batu ginjal" berdiameter 2 cm di ginjal sebelah kirinya, menyebabkan ginjal kiri dan saluran kemihnya bengkak dan infeksi. Itulah sebabnya panasnya tidak turun-turun.

Sponsored Ad

Dokter menghancurkan batu tersebut dengan laser. Untungnya operasi berjalan lancar dan 3 hari kemudian, bayi tersebut sudah diizinkan untuk keluar dari rumah sakit.

Menurut dokter Urologi rumah sakit Zhejiang, salah satu penyebabnya kemungkinan adalah bayi selalu memakai popok 24 jam, terbungkus rapat, suhu musim panas sangat tinggi, sangat kondusif bagi bakteri untuk tumbuh di sekitar selangkangan dan alat vital bayi tersebut, menyebabkan terjadinya infeksi saluran urin dan pembentukan batu ginjal.

Sponsored Ad

Tapi dokter juga mengatakan bahwa ada banyak alasan bayi mengalami batu ginjal, antara lain adalah faktor genetik atau keturunan dari keluarga yang memiliki riwayat dengan kasus batu ginjal, faktor makanan yang mengandung tinggi protein, sodium dan gula, dehidrasi atau kurangnya asupan air putih dalam tubuh, atau infeksi saluran urin yang kemudian merambat ke batu ginjal.

Dokter juga menyarankan kepada orang tua untuk selalu mengganti popok bayi secara berkala, jangan dibiarkan terlalu lama, apalagi popok basah, sangat mudah bagi bakteri untuk berkembang biak, bisa membuat kulit bayi gatal bahkan infeksi alat vital.


Baiknya, secepat mungkin ajarkan balita untuk bisa pipis sendiri, tidak ngompol di celana. Pada siang hari, usahakan jangan memakaikan popok kecuali malam hari saat tidur. Hati-hati yah papa & mama! Semoga bermanfaat!


Sumber: mamtify


Tulisan yang ditampilkan dalam artikel ini dilindungi oleh undang-undang Hak Cipta. Dilarang menyalahgunakan/menggunakan/mencetak seluruh isi atau sebagian, dan memperbanyak tanpa izin tertulis dari pihak Cerpen.co.id

Sponsored Ad