Banyak Orang Dibohongi Harus Ganti Oli Setelah 5000 Km, Montir Professional Ini Akan Mengajarkan Kalian Kebenarannya!

Oh ternyata begitu yah...
Sponsored Ad

Jika mesin adalah jantung mobil, maka oli adalah darah pada mobil.

Oli sangat penting saat pengoperasian mesin. Oli akan disalurkan ke dalam silinder, piston, bearings dan bagian penting lainnya. Secara umum fungsi oli berupa pelumas, pendingin, pembersih, menahan karat, dll. Bagaimanapun juga oli dianggap sebagai darah dari mesin itu sendiri.

Sponsored Ad

Kebanyakan pemilik mobil segera mengganti oli jika warnanya sudah menghitam.

Tindakan ini sebenarnya sangat tidak bijaksana. Kedua, hal ini juga sangat boros. Serta efektifitas oli dalam membersihkan mesin menjadi berkurang, dan mengakibatkan mesin menjadi cepat rusak.


Oli memiliki kapasitas pembersihan yang kuat. Melalui tabung sirkulasi, oli dapat menuju ke seluruh bagian suku cadang untuk membersihkan mesin dari karbida, lumpur, partikel logam dan benda asing lainnya.


Oli yang berwarna hitam menandakan proses sirkulasi pada mesin bekerja dengan normal. Maka jangan heran apabila oli yang baru diganti. Setelah pemakaian 5 menit saja, warna oli yang semula emas sudah berubah menjadi kuning gelap. Saat kendaraan telah menempuh sejauh 500 kilometer, secara otomatis warna oli dengan sekejap akan menjadi hitam.

Warna oli berubah hitam menunjukkan bahwa efek pembersihannya bagus, bukan berarti sudah penuaan dan perlu diganti.


Padahal, oli yang berkualitas bagus dapat digunakan untuk jangka panjang. Oli baru mencapai efek pembersihan terbaiknya saat mobil telah dikendarai mencapai 5000 km.


Oli berwarna hitam tidak berarti penuaan, tapi kinerjanya lagi bagus.

Jika kita pergi ke bengkel untuk service atau perawatan kendaraan. Pasti proses pertama kali yang dilakukan montir disitu adalah membuka saringan oli.


Dalam banyak kasus, montir bengkel akan mengeluarkan penggaris pada tabung oli dan menunjukkan oli sudah menghitam seakan ia memberi kode bahwa oli tersebut sudah tidak layak lagi dan berkata kepada Anda: "Ampas pada oli sudah menumpuk, olinya sudah perlu diganti pak."


Dalam keadaan normal, 90% pemilik akan setuju untuk mengganti oli kendaraan mereka. Sebenarnya, Anda sudah terjebak strategi marketing yang diterapkan oleh dealer tersebut.


Meskipun mobil sudah menempuh 5.000 km, namun oli baru mencapai efek pembersihan yang terbaik.


Apabila 5000 km baru ganti sekali dengan 10.000 km ganti sekali. Dengan ini berarti penjualan telah berkurang dua kali lipat.


Dealer pasti ingin Anda cepat-cepat mengganti oli maka semakin baik pula penjualan mereka.

Jangan mau tertipu lagi oleh para dealer, membelanjakan sebagian uang Anda untuk kepentingan yang sebenarnya tidak perlu. Malah hal ini berdampak mengurangi keawetan pada mesin mobil Anda.


Sebenarnya kapan waktu yang tepat mengganti oli? Bagi orang yang tidak mahir dalam bidang ini, gimana sih cara menentukan oli sudah waktunya perlu diganti?


Cara uji yang benar dan efektif itu adalah dengan membeli kertas saring minyak, lalu mengujinya sendiri.


Kertas saringan ini bisa dibeli di website Taobao (AliExpress), seharga 8 dolar untuk seratus lembar. Murah bukan? Sekali menguji cuman setara 8 sen.


Metode penggunaannya juga praktis : tunggu 10 menit setelah berhenti, setelah itu cabut penggaris oli pada tabung oli, lalu teteskan sedikit oli tepat di pusat kertas saringan, kemudian letakkan kertas itu pada benda yang berongga di tengah,


Seperti cangkir atau mangkuk, lalu tunggu 5 sampai 8 jam, dan akhirnya amati bintik minyak yang tinggal di atas kertas uji tersebut.

Bintik minyak dari luar ke dalam terbagi menjadi cincin minyak, cincin difusi, dan cincin pengendapan tiga garis. Semakin luas cincin minyak, maka semakin kecil oksidasi oli.


Berikut tiga kondisi dimana Anda sudah harus mengganti minyak:


Ketiga lingkaran tampak jelas menandakan oli harus segera mungkin diganti.


Cincin oli(terluar) sudah hilang, yang tersisa hanya cincin deposisi dan cincin difusi, maka oli harus segera diganti!

Warna oli pada cincin endapan(terdalam) lebih gelap dari biasanya, maka harus diganti segera! Kalau tidak sesegera diganti, mesin Anda bakal bermasalah loh !


Jadi bagaimana cara yang tepat menjaga mesin mobil Anda setiap hari?


Sumber: coco

Tulisan yang ditampilkan dalam artikel ini dilindungi oleh undang- undang Hak Cipta. Dilarang menyalahgunakan/menggunakan/mencetak seluruh isi atau sebagian, dan memperbanyak tanpa izin tertulis dari pihak Cerpen.co.id

Sponsored Ad