Jangan Bercanda Dengan Tubuhmu! 90% Orang "Menyesal Telah Melakukan 7 Kebiasaan Berbahaya" Ini "Saat Perut Mereka Dalam Keadaan Kosong"!

Hindari melakukan 7 hal ini saat perut kalian dalam keadaan kosong ya...
Sponsored Ad

7 hal berikut ini adalah kebiasaan yang harus kamu hindari untuk dilakukan saat perut dalam keadaan kosong, karena berdasarkan penelitian ternyata itu sangat berbahaya bagi tubuh!

Sponsored Ad

1. Obat anti-inflamasi

Obat-obatan anti-inflamasi seperti aspirin, paracetamol, dan lain-lain tidak boleh dimakan saat perut dalam keadaan kosong. Selain khasiatnya menjadi turun, memakan obat anti-inflamasi saat perut kosong juga bisa menyebabkan pendarahan di lambung.

Tips: minum susu dapat menurunkan efek negatif obat anti-inflamasi


2. Kopi

Bahkan kopi yang sudah dihilangkan kadar kafeinnya pun tetap merangsang lambung untuk memproduksi lebih banyak asam lambung jika diminum saat perut dalam keadaan kosong. Hal ini lama kelamaan bisa mengakibatkan penyakit GERD (naiknya asam lambung ke kerongkongan) dan penyakit lain yang berhubungan dengan pencernaan.

Tips: menambahkan susu atau krim ke dalam kopi bisa menurunkan efek negatif kopi terhadap lambung

Sponsored Ad

3. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol jika diminum saat perut kosong, efek buruknya meningkat menjadi 2 kali lipat. Alkohol sendiri memiliki dampak jangka panjang yang dapat membahayakan organ hati, jantung, dan ginjal.

Tips: sebelum atau setelah minum alkohol, makanlah sedikit makanan agar perut tidak kosong


4. Permen karet

Ketika menguyah permen karet, lambung terangsang untuk memproduksi asam lebih banyak. Mengunyah permen karet saat perut dalam kondisi kosong lama kelamaan bisa menyebabkan gangguan pada lambung.

Tips: hindari mengunyah permen karet lebih dari 10 menit, bahkan dalam keadaan perut kenyang sekalipun

Sponsored Ad

5. Tidur

Rasa lapar dan rendahnya tingkat glukosa dalam tubuh bisa menyebabkan tidur menjadi tidak berkualitas dan juga membuat kita bangun lebih awal. Selain itu, kurang tidur juga bisa menyebabkan tubuh memproduksi hormon-hormon yang membuat kita sering merasa lapar.

Tips: konsumsilah makanan atau minuman olahan susu sebelum pergi tidur


6. Olah raga berat

Ada pendapat yang mengatakan bahwa berolah raga saat perut kosong bisa membakar lebih banyak lemak. Kenyataannya, ternyata pendapat itu tidak terbukti. Berolah raga dalam keadaan perut kosong justru akan menyebabkan masa otot menjadi turun. Selain itu, intensitas olah raga pun akan menurun karena tubuh kekurangan energi.

Tips: makanlah, walaupun dalam jumlah sedikit, sebelum melakukan olah raga

Sponsored Ad

7. Jus jeruk

Asam yang terkandung dalam jeruk bisa mengiritasi lambung. Dampak ini akan lebih berbahaya lagi bagi mereka yang memang memiliki penyakit lambung.

Tips: campurkan jus jeruk dengan air sebelum diminum


Sumber: Brightside


Tulisan yang ditampilkan dalam artikel ini dilindungi oleh undang-undang Hak Cipta. Dilarang menyalahgunakan/menggunakan/mencetak seluruh isi atau sebagian, dan memperbanyak tanpa izin tertulis dari pihak Cerpen.co.id


Sponsored Ad