​Sekilas, Pria Ini Tampak "Sehat", Tapi Setelah Ia Membuka Bajunya… Semua Orang Langsung Kaget Melihat "Kondisi Perutnya"! Sulit Dipercaya!

Jangan menilai orang dari luarnya saja guys, kita tidak tahu apa yang sebenarnya ia alami!
Sponsored Ad

Mungkin mudah mengasumsikan seseorang hanya dengan melihat penampilan luarnya saja. Namun seperti kata pepatah, penampilan bisa menipu.


Dengan mengenakan baju, pria bule ini memang tampak normal. Namun ketika ia melepas bajunya, akan terlihat ia tidaklah sesehat yang terlihat dari luar.

Sponsored Ad

Pria ini bernama Ste Walker, usia 24 tahun, asal Yorkshire, Inggris. Ia menderita penyakit Crohn, radang usus kronis yang menyebabkan terjadinya peradangan pada seluruh lapisan dinding sistem pencernaan, dari mulut hingga anus.


Karena penyakitnya ini, ia terpaksa harus menggunakan toilet atau tempat parkir khusus penyandang disabilitas, namun ia selalu mendapat pandangan sinis dari orang-orang yang menuduh ia sehat-sehat tapi menggunakan fasilitas khusus. Akhirnya, ia merasa cukup dan memutuskan untuk menumpahkan emosinya di facebook kepada orang banyak.

Sponsored Ad

"Orang-orang zaman sekarang terlalu cepat berasumsi, hanya karena aku "terlihat" sehat, mereka menganggapku seenaknya menggunakan fasilitas khusus difabel."


"Kalau saja mereka lebih memperhatikan sedikit atau langsung bertanya padaku, mereka akan tahu kalau aku tidak seperti yang mereka bayangkan."

Sekali ia membuka bajunya, semua orang pun kaget! Begitu banyak selang dan kantong yang terpasang pada sekujur tubuhnya. Bagian perutnya telah dilubangi untuk mengalirkan urin dan feses keluar dari tubuh.

Sponsored Ad

Usus besar Walker telah dipotong dan tinggal tersisa 90 cm, padahal usus orang dewasa normalnya 1,5 meter. Ia telah menerima operasi sebanyak 80 kali untuk mengangkat usus-ususnya yang sudah tidak bisa dipakai lagi.

Walker juga ingin meningkatkan kewaspadaan akan penyakit ini, karena penyakit ini bisa menyerang siapa saja. Awalnya ia mengeluh sering muntah, bahkan bisa sampai 20-30 kali sehari. Ia pikir mungkin cuma terserang flu, tapi tidak disangka, kondisinya lebih buruk daripada itu. Walker juga mengalami sakit perut dan diare parah.


Begitulah, dalam semalam, anak muda yang sehat dan ceria berubah menjadi pasien penyakitan.

Sponsored Ad

"Setiap hari aku tidak hanya harus menghadapi kondisi fisik tapi juga pukulan psikologis. Aku tidak bisa makan dengan normal selama 2 tahun. Dalam 18 bulan, aku hanya 1 bulan tinggal di rumah, sisanya di rumah sakit. Aku jadi jauh dari teman dan keluarga. Kondisiku juga membawa beban bagi mereka. Aku merasa sangat frustasi, bersalah dan tak berdaya."


Walker juga mengatakan, "Kalian tidak berhak menilaiku dari penampilan tanpa mengetahui satu hal pun tentangku. Sebelum kalian mengkritik, pikirkan, seorang pasien bangun dari tempat tidur, memakai baju, mencoba untuk terlihat seperti orang normal, tidak ingin terlihat seperti orang sakit, adalah sebuah perjuangan yang tak bersuara namun menyakitkan."

Sama seperti kursi prioritas pada kendaraan umum. Belum tentu orang yang tidak terlihat tua, hamil, terluka atau sakit, benar-benar sehat. Mungkin orang itu memiliki kebutuhan yang kita semua tidak tahu. Kembangkan rasa kepedulian dan toleransi, kurangi diskriminasi dan prasangka.


Dengan ceritanya ini, ia ingin menunjukkan bahwa kita tidak selalu bisa menilai seseorang hanya dari penampilan luarnya saja!


Sumber: looker


Tulisan yang ditampilkan dalam artikel ini dilindungi oleh undang-undang Hak Cipta. Dilarang menyalahgunakan/menggunakan/mencetak seluruh isi atau sebagian, dan memperbanyak tanpa izin tertulis dari pihak Cerpen.co.id

Sponsored Ad