Fantastis! Tambahkan "Ini" Saat Mencuci Apel, Dijamin Semua "Pestisida dan Kotoran" Akan Terangkat Sampai Tuntas! Caranya Gampang Banget!

Ternyata nyuci gitu aja ga ilang-ilang pestisidanya... Wajib baca sob!!!!
Sponsored Ad

Kita disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur minimal lima porsi per hari untuk memenuhi kebutuhan serat dan vitamin. Namun sebelum dimakan ingat untuk selalu mencucinya karena bisa jadi masih ada residu pestisida yang menempel.


Sudah banyak studi melihat dampak buruk paparan residu pestisida terhadap manusia mulai dari masalah penurunan kualitas sperma, gangguan saraf, terganggunya imunitas, bahkan hingga penurunan IQ calon anak.

Sponsored Ad

Lalu bagaimana cara mencuci buah dan sayur yang terbaik? Terkait hal tersebut sekelompok peneliti dari University of Massachusetts menemukan jawabannya yaitu dengan baking soda.

Pemimpin studi Dr Lili He mengetahuinya setelah melakukan eksperimen menggunakan peralatan sensitif dan buah apel. Tim dengan sengaja melapisi apel dengan thiabendazole, fungisida, atau phosmet yang sering digunakan untuk mengusir hama.

Setelah apel dilapisi oleh berbagai macam pestisida tersebut, peneliti pun mencucinya dengan tiga cara yaitu menggunakan air biasa, air yang dicampur clorox, dan air yang dicampur baking soda.


Hasilnya dipublikasi di Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa air dengan baking soda adalah yang paling dapat membersihkan pestisida dari apel. Perlu waktu sekitar 12 menit untuk melunturkan thiabendazole sementara butuh 15 menit untuk mencuci phosmet.


Peneliti mencatat meski campuran air dengan baking soda adalah yang terbaik untuk mencuci residu, namun pestisida tidak dapat sepenuhnya dihilangkan dari apel.

Sponsored Ad

Mengapa campuran air baking soda paling baik kemungkinan karena dapat membantu memecah molekul yang ada pada pestisida. Hal serupa berlaku juga untuk produk yang lain.


"Di rumah, cara termudah untuk mencuci apel adalah dengan menggunakan air keran, tapi kami juga menemukan bahwa air keran tidak terlalu efektif. Untuk mengurangi paparan pestisida, Sebaiknya tambahkan beberapa baking soda," kata Lili He, ilmuwan di balik studi tersebut, di Time.


Anda sebaiknya bersabar untuk membiarkan buah Anda selama 15 menit dalam solusi tadi. Menurut peneliti, cukup menambahkan sejumput baking soda saat Anda membersihkannya.


Mengupas buahnya juga membantu menyingkirkan pestisida yang tertinggal di permukaan, tapi juga serat, vitamin dan mineral yang ditemukan di sana. "Kulit buah mengandung konsentrasi nutrisi tertinggi, tapi juga di sana ada timbunan pestisida," jelas Lili He.


Semoga artikel ini bermanfaat yah! Sebarkan artikel ini agar teman dan keluarga tahu :) Mari mulai hidup sehat sob!


Sumber: Quartz


Tulisan yang ditampilkan dalam artikel ini dilindungi oleh undang- undang Hak Cipta. Dilarang menyalahgunakan/menggunakan/mencetak seluruh isi atau sebagian, dan memperbanyak tanpa izin tertulis dari pihak Cerpen.co.id

Sponsored Ad