Sering Ngiler Saat Tidur? Hati- hati! Ternyata Hal Ini Menandakan "Bahaya yang Tidak Sepele"!

Waduh, mimin kalo bobo, bantalnya udah jadi laut… ><
Sponsored Ad

Bagi yang sudah punya anak, pasti tahu kalau bayi suka sekali ngences atau ngiler, terutama saat tidur. Memang hal tersebut terlihat biasa pada bayi, namun bila hal ini terjadi pada orang dewasa, hal ini bisa menjadi menjijikkan. Apakah bantalmu sering basah saat kamu terbangun dari tidurmu?

Sponsored Ad

Secara normalnya, orang dewasa yang sehat akan memproduksi 1000-1500 mililiter air liur per hari, 30 mililiter per jam, hal ini pasti terus terjadi bahkan tanpa makanan atau rangsangan eksternal lainnya. Dengan kata lain, saat kita tidur, tubuh memang akan tetap memproduksi air liur untuk melindungi gigi dan rongga mulut, tapi bila air liur yang diproduksi  terlalu banyak, maka akan terjadi fenomena 「ngiler sampai satu bantal basah」 saat tidur.


Apakah hal ini baik? Saat seseorang tidur, semua tindakan yang dilakukan tubuhnya tidak akan disadari, biasanya orang akan sadar bahwa mereka ngiler saat melihat bantal yang sudah basah dan berbau. Sebenarnya orang yang normal tidak akan mengeluarkan air liur saat tidur, bila kamu termasuk orang yang ngiler saat tidur, artinya tubuhmu sedang mengalami sesuatu yang tidak beres, misalnya: otot rongga mulut lemah sehingga mulutmu mudah terbuka saat tidur.

Jadi, apa sih penyebab utama seseorang bisa mengeluarkan air liur saat tidur? Bagaimana cara menyembuhkannya?

Sponsored Ad

Faktor- faktor yang menyebabkan keluarnya air liur berlebihan:


1.Rongga mulut kurang bersih

2.Radang mulut

3.Terjadi kelainan pada bentuk atau susunan gigi yang menyebabkan mulutmu tidak bisa tertutup rapat. Alhasil di malah hari mulutmu mudah sekali terbuka dan akhirnya air liur pun mengalir keluar. Kamu yang mengalami masalah ini bisa menyelesaikannya dengan memakai kawat gigi.

4.Pengaruh obat- obatan.  Beberapa obat seperti obat anti-epilepsi biasanya bisa menyebabkan efek samping mengeluarkan air liur berlebih di malam hari. Disarankan sebelum meminum obat sejenis itu, konsultasikanlah terlebih dahulu pada dokter dan tanyakan mengenai efek- efek sampingnya. Biasanya bila seseorang sudah menghentikan pengonsumsian obat tertentu, maka ia pun akan berhenti ngiler di malam hari.


Bila kamu termasuk salah satu orang yang mengalami kejadian ini, apa yang harus dilakukan?


Jangan terlalu kaget dan khawatir, pertama- tama, pergilah dulu ke dokter untuk memastikan apa penyebab utamanya. Bila kamu sudah tahu penyebabnya, maka langkah untuk mengatasinya pun bisa lebih diproses dengan mudah, contohnya bila kamu sering ngiler karena radang mulut, maka kamu harus sangat mengontrol kebiasaan makan malammu. Kamu tidak boleh langsung tidur saat baru habis makan, berjalan-jalan lah sejenak, sikat gigimu terlebih dahulu, baru pergi tidur. Kebiasaan seperti ini mampu mempertahankan kebersihan rongga mulutmu.


Ingat juga, jangan mengonsumsi makanan yang terlalu pedas atau berminyak di malam hari. Biasakan diri untuk selalu berkumur sehabis makan, dan sikat gigi sebelum tidur.


Sumber: Coco


Tulisan yang ditampilkan dalam artikel ini dilindungi oleh undang- undang Hak Cipta. Dilarang menyalahgunakan/menggunakan/mencetak seluruh isi atau sebagian, dan memperbanyak tanpa izin tertulis dari pihak Cerpen.co.id

Sponsored Ad