Sejak Jaman Kuno, Ternyata Bunga Sepatu Dipercaya Efektif Untuk Mencegah “5 Penyakit Berbahaya” Ini, Nomer 5 Batu Ginjal!

Kok mimin baru tahu sekarang yaa, nyesel!
Sponsored Ad

Tanaman kembang sepatu atau bunga sepatu dikenal sebagai bunga yang indah berwarna cerah. Biasanya menjadi tanaman penghias di halaman rumah.

Namun tahukan Anda, di balik keindahannya tanaman yang memiliki nama latin Hibiscus rosa-sinensis ini juga memiliki manfaat kesehatan yang unik, dan telah digunakan di seluruh dunia sejak zaman kuno.

Sponsored Ad

Di Mesir kuno, bunga sepatu digunakan untuk membantu mempertahankan suhu tubuh normal dari cuaca ekstrem. Di Iran, bunga ini digunakan untuk mengurangi kegelisahan dan masalah tidur. Semua orang bisa mendapatkan manfaat dari meminum teh bunga sepatu. Dari laporan menunjukkan bahwa manfaat terbesar dari bunga sepatu adalah dapat mengontrol tekanan darah tinggi dan kolestrol, meningkatkan resistensi insulin, serta menjaga sistem kekebalan tubuh, masalah pencernaan dan masalah peradangan.


Dikutip TRIBUNKALTIM.CO dari laman healthiestalternative.com, bunga ini juga dapat membantu untuk menyembuhkan penyakit hati dan mencegah kanker. Bahkan meminum teh bunga sepatu dapat membantu menurunkan berat badan. Sementara itu para peneliti terus melakukan penelitian untuk terus mengungkap potensi kesehatan dari kandungan polifenol yang tinggi dalam bunga sepatu. Polifenol merupakan senyawa tanaman yang dikenal untuk mencegah berbagai penyakit, mengandung antioksidan dan anti-penuaan.


Terdapat banyak manfaat yang terkandung dalam bunga sepatu seperti mengurangi obesitas, mengurangi lemak perut, dan lemak hati.

Ekstrak bunga sepatu dikenal memiliki kandungan pengatur-metabolisme dan melindungi organ potensial hati. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2014 menunjukkan, orang yang memiliki obesitas berusia 18-65 tahun yang mengonsumsi ekstrak bunga sepatu selama 12 minggu telah mengalami penurunan berat badan. Penelitian juga menunjukkan perbaikan dalam steatosis hati, terutama pada kandungan polifenol yang tinggi.

Berikut ini manfaat yang terkandung dari ekstrak bunga sepatu:


1. Pengendali tekanan darah

Penelitian telah menunjukkan bahwa meminum 2 hingga 3 gelas teh bunga sepatu setiap hari dapat menurunkan tingkat tekanan darah,

bekerja efektif sebagai obat anti-hipertensi. Menurut penelitian yang dilakukan di Tufts University di Boston, Amerika Serikat karena kandungan sifat anti-inflamasi, bunga sepatu dapat mengurangi tekanan darah hingga sepuluh poin.

Sponsored Ad

2. Membantu melawan karsinogen dan pencegahan terhadap sel kanker

Dalam sebuah penelitian laboratorium di Taiwan, ekstrak kaya akan polifenol pada bunga sepatu ditemukan sebagai racun bagi sel-sel kanker, dan sangat efektif dalam membunuh sel-sel karsinoma pada lambung manusia.


para peneliti mengaitkan bahwa kandungan bunga sepatu sebagai pencegahan kanker karena kaya akan asam protocatechuic yang merupakan antioksidan kuat. Ekstrak bunga sepatu juga telah mematikan sel leukimia pada tubuh manusia.


3. Penyakit metabolisme

Studi terbaru menunjukkan hasil yang menjanjikan bahkan untuk mencegah dan mengobati sindrom metabolisme.


Dalam studi tersebut, dosis harian dalam ekstrak bunga sepatu dapat mengobati selama sebulan untuk memperbaiki kadar glukosa, trigliserida, dan glukosa serta memperbaiki resistensi insulin pada penderita sindrom metabolik.

4. Melawan flu

Bunga sepatu kaya akan sumber vitamin C, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu dalam mengobati dan mencegah virus seperti pilek dan flu.


5. Batu ginjal dan melindungi hati

Satu studi menemukan bahwa ekstrak bunga sepatu memiliki aktivitas anti-urolithiatic, yang berarti dapat membantu untuk mengurangi pembentukan batu ginjal.

Sponsored Ad

kandungan ekstrak bunga sepatu juga memiliki aktivitas diuretik, dapat meningkatkan fungsi kandung kemih dan membantu menghilangkan batu ginjal. Ekstrak kembang sepatu juga menunjukkan perbaikan dalam steatosis hati, terutama untuk kandungan polifenol yang tinggi.

Resep Membuat Teh Bunga Sepatu

Bahan-bahan:

- 2 liter air

- kelopak bunga sepatu

- setengah batang kayu manis

- madu

- jahe


Cara pembuatan:

- Rebus setengah air dengan semua bahan kecuali kelopak bunga sepatu

- Setelah mendidih, dinginkan sebentar dan tambahkan kelopak bunga sepatu

- kemudian tutup dan diamkan selama 15-20 menit

- Saring air rebusan tadi dan tambahkan sisa air


Sumber: TribunKaltim