Hati-hati! Jika Terdapat "Lipatan Seperti Ini" Pada Daun Terlinga Anda, Artinya Anda Sedang Menderita "Penyakit Berbahaya" Ini!

Ayo perhatikan kesehatan kalian
Sponsored Ad

Untuk kalian yang sudah berusia di atas 35 tahun, cobalah bercermin dan lihat bagian telinga Anda. Apakah pada telinga Anda terlihat sebuah lipatan seperti ini?

Sponsored Ad

Sendy (nama samaran) adalah seseorang yang tinggal di Guangzhou, Tiongkok. Sekarang ia sudah berusia 45 tahun dan selama 10 tahun terakhir, ia telah menderita hipertensi. Ketika ia bercermin beberapa waktu yang lalu, tiba-tiba ia melihat ada lipatan di cuping telinganya pada bagian depan maupun belakang. Awalnya ia tidak peduli ataupun khawatir, karena menganggap hal tersebut bukanlah suatu hal yang besar.


Hingga suatu hari, ketika ia sedang membersihkan rumah, tiba-tiba dadanya terasa nyeri dan napasnya tidak lancar. Untungnya, keluarganya segera membawa dirinya ke rumah sakit.


Dokter mendiagnosis bahwa Sendy menderita jantung koroner! (Penyakit jantung koroner adalah salah satu akibat dari tingginya kadar kolesterol jahat dalam darah.)

Dokter lalu segera melakukan pengobatan dengan melakukan operasi bypas arteri yang tersumbat untuk memperbaiki aliran darah.

Sponsored Ad

Ternyata, hal tersebut ada hubungannya dengan perubahan telinga yang tidak terlihat sebagai masalah serius. Lipatan yang terlihat pada daun telinga ini disebut dengan "tanda Frank", sebutan medis untuk karakteristik telinga yang memiliki hubungan dengan penyakit kardiovaskular, penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah.

Para ilmuwan memang belum yakin bagaimana kedua hal ini bisa saling berhubungan, tapi ada beberapa teori. Degenerasi jaringan elastis di sekitar pembuluh darah kecil yang membawa darah ke telinga akan menghasilkan lipatan pada daun telinga. Ini menunjukkan jenis perubahan yang sama pada pembuluh darah terkait dengan CAD. Dengan kata lain, perubahan yang terlihat pada pembuluh darah kecil di telinga menunjukkan perubahan yang sama pada pembuluh darah di sekitar jantung yang tidak terlihat.


Saat ini, ada 3 level "tanda Frank":

1. Level I: Muncul beberapa lipatan kecil pada daun telinga

2. Level II: Lipatan pada daun telinga terlihat jelas, dimana lipatan tersebut membagi daun telinga menjadi dua bagian

3. Level III: Lipatan yang lebih dalam pada daun telinga. Panjangnya sama atau lebih panjang dari daun telinga


Apakah memiliki lipatan pada daun telinga, pasti memiliki masalah pada jantung?

Berdasarkan survey menunjukkan bahwa sekitar 48% pasien penyakit jantung koroner memiliki lipatan pada daun telinga. Dan 89% orang dengan "tanda Frank" adalah orang yang beresiko tinggi terkena penyakit jantung koroner.


Hal seperti ini rentan terjadi pada orang dengan usia 35-60 tahun. Menurut para peneliti, lipatan daun telinga dapat mengidentifikasi pasien yang rentan terhadap penuaan dini serta perkembangan awal penyakit arteri koroner, yang diprediksi dapat disembuhkan melalui langkah-langkah pencegahan awal.


Yuk bagikan info kesehatan ini ke orang-orang di sekitarmu!


Sumber: nocancer


Tulisan yang ditampilkan dalam artikel ini dilindungi oleh undang- undang Hak Cipta. Dilarang menyalahgunakan/menggunakan/mencetak seluruh isi atau sebagian, dan memperbanyak tanpa izin tertulis dari pihak Cerpen.co.id