Aku Ditertawakan "Saat Memasukkan Selimut ke Dalam Kemeja", Setelah Tahu "Manfaat Fantastis Ini" Mereka pun Langsung Ngikutin!

Cobain deh di rumah, bermanfaat banget loh!
Sponsored Ad

Seprai (sarung kasur), bed cover, selimut dan sarung bantal adalah salah satu barang peralatan rumah tangga yang harus diperhatikan kebersihannya agar kita bisa tidur dengan nyaman. Namun, barang-barang satu ini sering kali dianggap sepele, tidak banyak yang peduli dengan bagaimana cara mencuci atau menyimpan barang-barang ini dengan benar. Padahal, perlu diketahui bahwa salah cara mencuci atau menyimpan akan mudah membuat lebih dari 6 juta kuman bakteri yang jahat bersemayam pada barang-barang itu!

Sponsored Ad

Menurut penelitian, selimut dan perlengkapan tidur lainnya yang jarang dijemur di bawah sinar matahari langsung, akan menyebabkan selimut menjadi mudah lembab dan menjadi tempat bersarang kuman-kuman. Selimut, dan perlengkapan tidur lainnya adalah barang-barang yang sama seperti pakaian, di mana barang-barang ini bersentuhan langsung dengan kulit dan tubuh kita. Namun, kita juga tidak mungkin mencuci perlengkapan ini setiap hari seperti kita mencuci baju. Lalu, sebenarnya bagaimana menjaga kebersihan perlengkapan tidur kita ini?


Cara yang akan dibagikan ini cocok diterapkan pada perlengkapan tidur yang sedang kita gunakan atau yang masih disimpan dalam lemari. Perlu diingat pula, bahwa perlengkapan tidur yang terus disimpan dalam lemari juga merupakan salah satu tempat favorit bagi para kuman-kuman.


Berikut adalah cara memusnahkan kuman dengan cara menjemur peralatan tidur di bawah terik sinar matahari:

Pertama, lipat terlebih dahulu masing-masing perlengkapan tidur yang akan dijemur.

Kedua, siapkan kantong plastik besar berwarna hitam yang cukup untuk menampung semua barang yang akan dijemur.

Ketiga, jemur di bawah sinar matahari terik!

Penggunaan kantong plastik hitam sangat efektif untuk memusnahkan kuman. Warna hitam bisa menyerap sinar matahari dengan baik. Dengan demikian, penggunaan kantong plastik hitam bisa membantu suhu di dalam kantong plastik dengan cepat naik menjadi 50°C. Suhu setinggi ini sangat pas untuk membunuh kuman.

Terakhir, setelah selesai dijemur, buka lebar-lebar masing-masing perlengkapan tidur tersebut pada jemuran baju, lalu pukul-pukul agar kuman yang mati dan debu-debu bisa hilang sepenuhnya.

Sponsored Ad

Selain gangguan kuman, bagi semua wanita, setiap bulannya mereka akan mengalami datang bulan. Pada saat datang bulan, hal yang paling ditakuti adalah jika saat tertidur, tanpa sengaja membuat kasur atau selimut terkena noda darah. Namun, dengan cara berikut ini kamu tidak perlu membeli perlengkapan tidur baru, karena efektif untuk menghilangkan noda dalam seketika!

Pertama, tabur garam di atas noda.

Kedua, tuang sedikit air dingin. Ingat, gunakan air dingin, karena air hangat justru malah membuat noda semakin menempel dan sulit untuk dihilangkan.

Ketiga, lalu biarkan selama kurang lebih menit. Namun, jika noda sudah lama tertinggal, maka waktu yang dibutuhkan akan lebih lama pula.

Keempat, gunakan sabun, deterjen, atau cairan cuci baju lainnya dan gosok noda hingga bersih. Terakhir, bilas menggunakan air bersih, dan bekas noda pasti langsung hilang!

Sponsored Ad

Setelah tahu bagaimana cara membersihkan perlengkapan tidur yang benar, kita juga harus tahu bagaimana cara menjemur yang benar. Perlengkapan tidur terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Selimut, terutama yang terbuat dari bahan kapas, hanya boleh dijemur dan dipukul-pukul ringan menggunakan tangan. Jangan sampai menggunakan kayu atau dipukul kuat-kuat, hal ini justru malah membuat kapas menjadi rusak dan selimut menjadi tidak lembut lagi. Sedangkan untuk selimut rajut, jangan dijemur dengan cara digantung, hal ini akan membuat selimut mudah berubah bentuk dan jadi rusak. Selain itu, untuk kering sepenuhnya, biasanya harus dijemur selama kurang lebih 2 jam.

Selimut berbahan kain wol adalah yang paling sensitif. Selimut jenis ini tidak boleh dicuci dengan air atau dijemur di bawah terik sinar matahari. Maka, cara paling benar adalah setidaknya selama 6 bulan sekali, jemur selimut ini di dalam rumah di mana masih terkena cahaya matahari. Waktu yang paling tepat adalah saat pagi hari jam 9-11 atau sore jam 3-5.

Terakhir, akan dibagikan bagaimana cara menyimpan perlengkapan tidur, terutama selimut yang besar yang terkadang harus memakan banyak ruang.

Pertama, gerai selimut lebar-lebar dan lipat menjadi 3 bagian.

Kedua, lalu dari bagian atas, gulung selimut, dan gunakan tenaga agar membuat gulungan selimut yang erat.

Ketiga, masukkan gulungan tersebut ke dalam kemeja bekas yang sudah tidak terpakai lagi.

Keempat, ikat kancing kemeja tersebut, lalu masukkan bagian kerah ke dalam agar selimut tertutup sepenuhnya dan terhindar dari debu.

Terakhir, gunakan bagian lengan dari kemeja untuk membuat ikatan dan masukkan ke dalam lemari. Dengan cara seperti ini, selain tidak makan banyak ruang, selimut juga terbebas dari debu loh!


Sumber: Bldaily


Tulisan yang ditampilkan dalam artikel ini dilindungi oleh undang-undang Hak Cipta. Dilarang menyalahgunakan/menggunakan/mencetak seluruh isi atau sebagian, dan memperbanyak tanpa izin tertulis dari pihak Cerpen.co.id