Muak dengan Anggapan "Orang di Kursi Roda yang Bisa Berdiri dan Nyeberang Jalan Sendiri Adalah Penipu", "Begini Cara Pemuda Ini Tampar Haters!"

Makanya jangan asal menilai orang dari penampilan luar aja...
Sponsored Ad

Jika kamu melihat ada seseorang yang awalnya duduk di kursi roda, lalu tiba-tiba berdiri dan berjalan, apa yang akan terlintas dalam pikiranmu? Apakah orang itu hanyalah penipu dan berpura-pura sebagai orang cacat agar bisa mendapat perlakuan khusus?

Sponsored Ad

Sebaiknya jangan dulu berpikiran negatif dan mengambil keputusan begitu saja. Sebenarnya di luar sana memang banyak orang yang membutuhkan perlakuan khusus dan membutuhkan pertolongan dari kita. Baru-baru ini media sosial di Hong Kong dihebohkan dengan video seorang pria yang turun dari bus menggunakan kursi roda lalu berdiri dan mendorong kursi rodanya dan berjalan kaki menyeberang jalan. Banyak orang yang merekam kejadian itu dan langsung menganggap kalau pria itu adalah penipu yang berpura-pura memiliki cacat fisik agar bisa mendapat harga tiket bus lebih murah.

Ada pula warganet yang mengatakan kalau orang yang duduk di kursi roda tidak selamanya orang yang hanya memiliki cacat fisik, tapi ada juga yang karena masalah penyakit lain, sehingga membuat mereka tidak bisa berdiri dalam waktu lama. Di Hong Kong sendiri terdapat prosedur yang cukup rumit dan pemeriksaan yang cukup ketat untuk menyatakan seseorang benar-benar cacat atau tidak. Maka, setiap orang seharusnya tidak bisa mengambil keputusan dan menilai seseorang secepat itu hanya dari video semata.

Sponsored Ad

Setelah video ini menjadi viral, Fan Chengrong, seorang pemuda yang juga merupakan pengguna kursi roda karena mengidap gagal jantung, membuat sebuah video di Youtube dan mengatakan kalau ia juga pernah mengalami hal yang sama. Yaitu, dituduh hanya berpura-pura cacat. Fan Chengrong mengatakan kalau saat ini dia sedang menunggu proses transplantasi jantung, sehingga sering kali tubuhnya mengalami kekurangan oksigen dan menyebabkan kakinya menjadi bengkak. Oleh karena itu, Fan Chengrong tidak bisa berdiri atau berjalan kaki terlalu lama. Walau Fan Chengrong masih bisa melakukan beberapa aktivitas layaknya orang normal, tapi  biasanya Fan Chengrong akan keluar rumah tetap dengan menggunakan kursi rodanya.

Sama seperti nasib pemuda dalam video, Fan Chengrong juga bukan karena patah kaki atau lumpuh baru duduk di kursi roda untuk beraktivitas di luar rumah. Namun, banyak orang akan langsung mengatainya sebagai penipu saat ia tiba-tiba berdiri dan berjalan dengan normal. Dengan tersebarnya video ini, Fan Chengrong berharap agar masyarakat sekarang ini lebih memperhatikan orang cacat.

Perlu juga diingat kalau tidak semua orang cacat bisa terlihat dari tampilan luar atau kondisi fisik semata. Semoga masyarakat juga tidak lagi terus memberi tatapan sinis dan mengatai orang-orang yang memiliki kondisi seperti Fan Chengrong ini sebagai penipu. Orang-orang juga harusnya mau lebih peduli, lebih mengenal, dan saling memahami satu sama lain agar dunia ini bisa menjadi lebih harmonis dan indah pula.

   


Sumber: Youtube


Tulisan yang ditampilkan dalam artikel ini dilindungi oleh undang-undang Hak Cipta. Dilarang menyalahgunakan/menggunakan/mencetak seluruh isi atau sebagian, dan memperbanyak tanpa izin tertulis dari pihak Cerpen.co.id